LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 MLATI

Dewi Lestari, Dewi Lestari (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 1 MLATI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PBD_DEWI LESTARI_12205241070.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang III, melaksanakan kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Dengan diadakan PPL, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Dalam hal ini masyarakat sekolah turut membantu serta mendukung pengembangan sekolah melalui program PPL. Program PPL di SMP Negeri 1 Mlati dimulai sejak 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi observasi (administrasi dan kelas), persiapan mengajar (mempersiapkan SK&KD, mempersiapkan silabus, menyusun RPP, dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dikelas, mengikuti upacara bendera, pelaksanaan piket 3 S di sekolah dan piket kebersihan posko, pendampingan ekstrakurikuler, pendampingan lomba, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang berkualitas di masa mendatang. Pada tahap persiapan PPL, dimulai dengan pembekalan mata kuliah pembelajaran mikro, pembelajaran mikro, pembekalan PPL, sosialisasi dan koordinasi, observasi, pembuatan perangkat pembelajaran (silabus, referensi materi, metode dan media, menyusun RPP). Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VII dan VIII dengan alokasi waktu 2x40 menit setiap pertemuan, yaitu: mahasiswa mengajar sebanyak sepuluh kali dikelas VII dan VIII, menunggui ulangan harian sebanyak dua kali dikelas VIII B dan VIII D, dan masuk dikelas IX B menggantikan guru pembimbing yang sedang mengikuti rapat dinas. Hasil dari praktik mengajar adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Permasalahan yang ditemui mahasiswa PPL di SMP Negeri 1 Mlati diantaranya dari segi mahasiswa masalah pengelolaan kelas dan penguasaan materi, dari segi siswa, masalah karakteristik siswa yang berbeda-beda dan keadaan kelas yang kurang kondusif dikarenakan beberapa siswa yang ribut sendiri. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, mahasiswa lebih mempersiapkan diri sebelum praktik mengajar dan membangun kepercayaan diri yang lebih. Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat mengembangkan ilmu serta keterampilan mengajar yang dimiliki sesuai bidang keilmuan yang ditempuh. Pengelolaan kelas sangat perlu ditingkatkan agar siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan kelas diantaranya adalah membuat media pembelajaran semenarik mungkin, membangun komunikasi yang baik antara mahasiwa PPL dengan siswa, sehingga terjalin kerjasama antara guru dengan siswa ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran, siswa.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35488

Actions (login required)

View Item View Item