Analisis dan Strategi Penganggaran Pendidikan Tinggi Badan Layanan Umum

Santosa, Achadi Budi (2016) Analisis dan Strategi Penganggaran Pendidikan Tinggi Badan Layanan Umum. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-achadi-budi-santosa-127044261007.swf

Download (2MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan penganggaran pendidikan tinggi dalam sistem tata kelola keuangan model Badan Layanan Umum (BLU) di PTKIN Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus karena keunikan permasalahan dalam latar sosialnya. Subyek penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling, yakni Wakil Rektor II periode 2011-2015, Wakil Rektor II periode 2015-2019, Wakil Dekan II Fakultas Syariah dan Hukum, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan, Kepala Bagian Perencanaan, para Kepala Subbag Perencanaan, para Kepala Subbag Keuangan, petugas teknis penganggaran dan sebagian pengguna anggaran. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipan, serta analisis dokumen. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif interaktif secara berkelanjutan selama pengumpulan data, pengorganisasian data, pengkodean dan pengkategorisasian data, identifikasi konsep, dan penarikan kesimpulan. Studi ini menyimpulkan, Pertama, dokumen renstra belum digunakan secara konsisten dalam penyusunan anggaran. Kedua, penerimaan BLU selama lima tahun (2008-2012) yang berasal dari Jasa Layanan Pendidikan rata-rata 67,29 % dan yang berasal dari Usaha Lainnya 32,71%. Sedangkan rata-rata kontribusi BLU terhadap total anggaran sebesar 32%. Ketiga, penerimaan BLU terus menurun karena pembatasan tarif dan penerapan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Keempat, penerimaan Tahun 2012 adalah paling rendah karena aturan yang ketat dalam pengadaan tanah dan beasiswa bidik misi. Kelima, revisi kegiatan yang terlalu sering dapat mengganggu efektifitas. Keenam, koordinasi dan pengarahan dalam kegiatan penganggaran masih lemah. Ketujuh, permasalahan utama adalah keterbatasan anggaran dan kemampuan SDM. Kedelapan, strategi penyelesaian masalah yang digunakan adalah, ke dalam: membuat aturan agar pusat-pusat studi, lembaga-lembaga, serta individu yang beraktifitas menggunakan nama dan fasilitas PTKIN Yogyakarta dapat berkontribusi bagi peningkatan pendapatan BLU. Strategi ke luar, membentuk konsultan peneliti keagamaan, bimbingan perpustakaan masjid, bimbingan keluarga sakinah, bantuan hukum islam, konsultan waris, dan membentuk miniatur perbankan syariah

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: penganggaran, badan layanan umum, pengarahan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:34
Last Modified: 09 May 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35479

Actions (login required)

View Item View Item