Hening Triandika Rachman, Hening Triandika Rachman (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Laporan PPL.PDF Download (6MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta merupakan instansi yang mencetak calon – calon tenaga kependidikan profesional, sehingga diharapkan output yang dihasilkan mempunyai keunggulan baik dari segi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Oleh karena itu mahasiswa Jurusan Kependidikan wajib menempuh Praktik pengalaman lapangan (PPL). Program PPL ditujukan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Dari pengalaman tersebut diharapkan mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional. Praktik pengalaman lapangan (PPL) dilaksanakan di MAN Yogyakarta III yang beralamat di Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati, Sleman dilaksanakan selama 6 minggu. Praktik pengalaman lapangan dilaksanakan tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 18 September 2015. Selama program dilaksanakan mahasiswa mengampu 4 kelas yaitu : X MIA 1, X MIA2, X MIA 3 dan X MIA5. Setiap kelas berjumlah 30 peserta didik. Mahasiswa mengampu dua materi yang ditempuh sebanyak 20 kali tatap muka dan 2 kali remidial. Selama proses praktik pengalaman lapangan dilaksanakan mahasiswa mendapatkan pengalaman penyusunan perangkat pembelajaran sesuai Kurikulum 2013, persiapan media pembelajaran, persiapan bahan ajar, serta berbagai metode mengajar yang efektif di dalam kelas. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan secara nyata melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman tentang proses belajar mengajar sesunggunya, melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2015 di MAN Yogyakarta III memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laporan, PPL 2015, MAN Yogyakarta III |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |