FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK PADA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI KABUPATEN KLATEN

Ahmadi, Afiudin (2016) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK PADA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AFIUDIN AHMADI 06518241001.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK PADA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI KABUPATEN KLATEN ABSTRAK Afiuddin Ahmadi NIM: 06518241001 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai faktor-faktor penghambat penggunaan BSE (Buku Sekolah Elektronik) pada SMK Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di Kabupaten Klaten menurut pendapat guru SMK tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2011. Penelitian dilaksanakan di 6 (enam) SMK teknik ketenagalistrikan di Kabupaten Klaten (SMK Muhammadiyah 1 Klaten, SMKN 2 Klaten, SMK Leonardo Klaten, SMK Petrus Kanisius Klaten, SMK Kristen 1 Klaten dan SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten). Subyek penelitian adalah seluruh guru produktif Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan pada masing-masing SMK. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup berbentuk jawaban skala Likert dengan rentang skor 1-4 dan angket terbuka atau essai. Validitas instrumen secara logis dengan Judgement Expert dan validitas secara empiris dengan analisis korelasi Product Moment. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan komputer program SPSS for Windows versi 16. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dengan penyajian data melalui tabel, grafik dan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Fasilitas komputer dan internet bukan merupakan faktor penghambat penggunaan BSE karena berada pada kategori tinggi dengan tingkat pencapaian 74% dari pencapaian maksimal. (2) Materi BSE dikategorikan bagus dengan tingkat pencapaian 74%. (3) Minat guru dalam menggunakan BSE bukan merupakan faktor penghambat, karena berada dalam kategori tinggi dengan tingkat pencapaian 69%. (4) Faktor penghambat yang dominan tidak ada, karena semua memiliki tingkat pencapaian yang tinggi. (5) Data angket terbuka menunjukkan bahwa ada 13 faktor lain yang menghambat penggunaan BSE. Faktor penghambat yang dominan dari angket terbuka adalah materi tidak sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ada disekolah. Kata kunci: Buku Sekolah Elektronik, faktor penghambat, SMK teknik ketenagalistrikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:11
Last Modified: 30 Jan 2019 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35472

Actions (login required)

View Item View Item