LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 DI SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

Amalia, Amalia (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 DI SMA ANGKASA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Amalia_Pendidikan Ekonomi_12804241044_SMA Angkasa (2).PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, mengembangkan kompetensi keguruan/ kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat megetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Program PPL di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Praktikan diterjunkan untuk mengajar di kelas XA dan XB. Dalam seminggu, praktikan mendapat 6 jam pelajaran dari total seluruh jam yaitu 12 jam pelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Angkasa Adisutjipto meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran RPP, silabus serta perangkat evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, membantu administrasi supervisi ,dan lainlain. Praktik pengalaman lapangan merupaka suatu pengalaman yang luar biasa. Mahasiswa praktikan mampu menerapkan dan mengembangkan kompetensi guru yang telah diajarkan sebelumnya. Selain itu, mahasiswa praktikan juga mengetahui tugas guru di sekolah selain mengajar melalui kegiatan persekolahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik mengajar, keterampilan mengajar, mengajar terbimbing.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35461

Actions (login required)

View Item View Item