LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus 2015- 12 September 2015 Nama Lokasi: SMA ANGKASA Alamat: JL. Raya Janti Kompleks AURI Lanud. Adisucipto

Permata Ihda Fuadina, Permata Ihda Fuadina (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus 2015- 12 September 2015 Nama Lokasi: SMA ANGKASA Alamat: JL. Raya Janti Kompleks AURI Lanud. Adisucipto. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Laporan PPL-Permata Ihda Fuadina-pendidikan biologi (2).zip

Download (11MB)

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (yang kemudian disebut PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. PPL dilaksanakan di SMA Angkasa Adisucipto yang bertempat di Jalan Raya Janti kompleks AURI Lanud. Adisucipto Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 dan diakhiri pada tanggal 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputik kegiatan mengajar dan non-mengajar. Dalam kegiatan praktek mengajar praktikan diberi amanah untuk mengajar kelas XI IPA 1 sebanyak 7 jam pelajaran (5 kali tatap muka). Materi yang ditugaskan kepada praktikan sebagai latihan mengajar yaitu bab struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta jaringan otot dan syaraf. Dalam melakukan prakter mengajar praktikan menggunakan berbagai metode dan media yang disesuaikan dengan kondisi sekolah dan siswa. Dalam melaksanakan kegiatan PPL praktikan mendapatkan beberapa hambatan diantaranya alokasi waktu yang kurang tepat, kondisi siswa yang ramai dan mengobrol sendiri ketika diterangkan materi oleh guru, kurangnya sumber referensi ketika melakukan diskusi informatif, dan lain sebagainya. Namun berkat dukungan dari semua pihak baik guru pembimbing, dosen pembimbing maupun patner PPL segala bentuk hambatan dapat diatasi walaupun kurang maksimal karena keterbatasan waktu.. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA Angkasa Adisucipto, supaya kegiatan PPL di masa mendatang akan lebih baik dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMA Angkasa Adisucipto
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35455

Actions (login required)

View Item View Item