Evaluasi Implementasi Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1) dan Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI-2) di Sekolah Dasar Negeri Kota Yogyakarta

Aminah, Siti (2016) Evaluasi Implementasi Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1) dan Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI-2) di Sekolah Dasar Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti aminah-14701251027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi implementasi kompetensi inti sikap spiritual (KI-1) dan kompetensi inti sikap sosial (KI-2) di Sekolah Dasar Negeri Kota Yogyakarta dari segi: (a) pemahaman, (b) perencanaan, dan (c) pelaksanaan. Penelitian ini merupakan evaluasi program dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan. Subjek dalam evaluasi adalah guru dan kepala sekolah. Sampel ditentukan dengan teknik purposive random sampling. variabel dalam penelitian ini meliputi kompetensi inti sikap spiritual (KI-1) dan kompetensi inti sikap sosial (KI-2). Teknik dan instrumen yang digunakan dalam evaluasi ini adalah observasi dengan pedoman observasi, telaah dokumen RPP, serta wawancara dengan pedoman wawancara sebagai data pendukung. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan menggunan formula Aiken’s. Reliabilitas instrumen dihitung dengan teknik Cohen’s Kappa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Pemahaman para guru di SD Negeri Kota Yogyakarta mengenai kompetensi inti sikap spiritual dan kompetensi inti sikap sosial dapat dikategorikan baik. Kedua, perencanaan yang dilakukan para guru di SD Negeri Kota Yogyakarta terkait peintegrasian nilai nilai kompetensi inti sikap spiritual dan kompetensi inti sikap sosial pada RPP termasuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan skor sebesar 36. Ketiga, implementasi kompetensi inti sikap spiritual (KI-1) di SD Negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori baik dengan skor sebesar 20,87. Keempat, implementasi kompetensi inti sikap sosial (KI-2) di SD negeri Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori kurang baik dengan skor sebesar 19,17.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, implementasi program, kompetensi inti sikap spiritual (KI-1) dan kompetensi inti sikap sosial (KI-2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:26
Last Modified: 08 Mar 2022 05:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35452

Actions (login required)

View Item View Item