LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA ANGKASA ADISUTJIPTO Periode 10 Agustus – 12 September 2015

Titis Catur Wigati, Titis Catur Wigati (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA ANGKASA ADISUTJIPTO Periode 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.KATA PENGANTAR.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Lampiran.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. isi laporan.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta. SMA ini terletak di di Jalan Janti Lanud Adisutjipto (bawah jembatan layang), tepatnya di kompleks AURI Yogyakarta. Kegiatan PPL berlangsung selama 5 minggu, sejak tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan social. Selain itu PPL memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari permasalahan di sekolah yang berkaitan dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Kimia pada khususnya. Kegiatan Praktik Pengalamam Lapangan (PPL) dilakukan secara bertahap, mulai dari pembekalan, penerjunan, kegiatan PPL hingga penyusunan laporan. Kegiatannya meliputi praktik administrasi pembelajaran, praktik mengajar terbimbing dan kegiatan lain yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar terbimbing dilakukan di kelas X-A dan X-C sebanyak 6 kali. Ulangan Harian dilaksanakan serempak dengan jadwal TPM Kimia Kelas X. Hasil yang dicapai selama PPL ialah praktikan memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru dan dosen pembimbing sehingga segera dapat diselesaikan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat menerapkan ilmunya secara langsung dalam kegiatan pembelajaran; mahasiswa dapat memahami permasalahan yang mungkin timbul dalam kegiatan pembelajaran di sekolah serta cara mengatasinya; dan mahasiswa dapat melatih keterampilannya untuk menjadi pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35450

Actions (login required)

View Item View Item