LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA ANGKASA ADISUTJIPTO Jl. Janti Lanud Adisutjipto, Sleman, Yogyakarta

Nurrizal Ikrar Listiadi, Nurrizal Ikrar Listiadi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA ANGKASA ADISUTJIPTO Jl. Janti Lanud Adisutjipto, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
hal jdl-abstrak.docx

Download (197kB)
[img] Text
isi.docx

Download (48kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai hari senin 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang professional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Praktikan atau mahasiswa PPL mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masing-masing. Selain melakukan praktik mengajar mahasiswa juga melakukan praktik terkait agenda sekolah dan peringatan hari besar nasional. Pelaksanaan PPL bertempat di SMA Angkasa Adisutjipto. Kegiatan PPL meliputi kegiatan yang diprogramkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta, kelompok maupun individu yang meliputi observasi sekolah, pengajaran mikro, pembekalan, pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar, agar dalam pelaksanann program untuk sekolah dapat berjalan dengan lancar. Hasil dari kegiatan PPL di SMA Angkasa Adisutjipto antara lain praktik mengajar mata pelajaran Sosiologi sebanyak 8 kali tatap muka di kelas X-B, X-C, dan XI IPS dan 2 kali evaluasi tertulis untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan. Banyak pengalaman berharga yang didapat selama berlangsungnya kegiatan PPL selama satu bulan ini. Seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar berkat adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah seperti pihak birokrasi, kepala sekolah guru pembimbing dan juga siswa. Dengan demikian, kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa, pihak sekolah, maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan selama berada di bangku kuliah, serta melatih keprofesionalan sebagai calon tenaga pendidik yang terjun secara langsung di lingkungan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Mengajar, Sosiologi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35448

Actions (login required)

View Item View Item