PENANAMAN KEMANDIRIAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI KINDERSTATION MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

Rahayu Prabandari Tri, Sunarsih (2016) PENANAMAN KEMANDIRIAN PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI KINDERSTATION MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_Rahayu Prabandari Tri Sunarsih_12111244020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman kemandirian pada anak Kelompok Bermain di KinderStation, peran pendidik dalam penanaman kemandirian, faktor pendukung dan faktor penghambat serta cara untuk mengatasi dalam penanaman kemandirian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik, anak-anak, orang tua dan kepala Kelompok Bermain di KinderStation. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan model analisis Interaktif Miles dan Huberman. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan observasi, pengamatan yang terus-menerus dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Proses penanaman kemandirian pada anak Kelompok Bermain di KinderStation dilakukan melalui: a) perencanaan dengan memasukkan materi kemandirian ke dalam kegiatan pembelajaran, b) pelaksanaan penanaman kemandirian dimulai dengan melatih anak untuk dapat bergabung dengan lingkungan sosial dan keterbiasaan sehari-hari, pembiasaan sehari-hari ditambah dengan materi kemandirian dari Montessori (Exercising Practical Life) dalam pembelajaran dan bertanggungjawab dengan permasalahan yang dihadapi anak dalam kejadian spontan; 2) Peran pendidik mengajarkan anak dari awal, selalu memberikan contoh, membimbing anak yang belum mampu melakukan tugas kemandirian, mengarahkan anak untuk menyelesaikan tugasnya, mengingatkan anak yang belum melakukan tugas dan memberikan dorongan kepada anak; 3) Faktor yang mendukung dalam penanaman kemandirian yaitu kesiapan fisik anak, terdapat aspek kemandirian dalam kurikulum, dukungan fasilitas lembaga, komitmen warga sekolah, pembiasaan yang konsisten dan dukungan dari teman sebaya serta orang tua; 4) Faktor penghambat dalam penanaman kemandirian yaitu keadaan anak yang usianya masih relatif kecil dan pola asuh keluarga pada beberapa anak. Faktor penghambat dari diri anak yang masih kecil diatasi dengan melatih secara rutin dan pola asuh keluarga diatasi dengan mengkomunikasikan dengan orang tua. Kata kunci: penanaman kemandirian, anak kelompok bermain

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Jun 2016 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35424

Actions (login required)

View Item View Item