PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI PADA PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM PELATIHAN RAJUT DI RUMAH PINTAR MATA AKSARA

Rizki Ainul Imud Islamiah, Rizki (2016) PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI PADA PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM PELATIHAN RAJUT DI RUMAH PINTAR MATA AKSARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Rizki Ainul Imud Islamiah_12102244012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan program Pelatihan Rajut; (2) mendeskripsikan penerapan andragogi pada proses pembelajaran program Pelatihan Rajut; dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat program Pelatihan Rajut di Rumah Pintar Mata Aksara Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, fasilitator dan warga belajar program Pelatihan Rajut di Rumah Pintar Mata Aksara Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penerikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan program Pelatihan Rajut terdapat dikatakan baik karena telah memperhatikan semua komponen yang wajib ada dalam pelatihan yaitu: terdapat sumber daya manusia; terdapat sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran; dan pelatihan yang dilaksanakan telah sesuai dengan kebutuhan warga belajar, (2) pendekatan andragogi telah diterapkan secara optimal oleh fasilitator terhadap warga belajar pada proses pembelajaran program Pelatihan Rajut berupa: kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan asumsi pokok pembelajaran orang dewasa; metode yang digunakan telah sesuai dengan karakteristik warga belajar; dan terdapat hasil berupa perubahan sikap yang dialami oleh warga belajar, (3) faktor pendukung yaitu kelengkapan sarana dan prasarana serta partisipasi warga belajar, sedangkan faktor penghambat yaitu perbedaan pendapat dan faktor perbedaan kondisi cuaca. Kata Kunci: pelatihan, pendekatan andragogi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 24 Jun 2016 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35417

Actions (login required)

View Item View Item