LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Kholifatun Azizah, Kholifatun Azizah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS 10 AGUSTUS 2015 – 12 SEPTEMBER 2015 SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu-12803241019-Kholifatun Azizah.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah praktik pengajaran lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang diadakan dengan cara terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk melakukan mengajaran sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengetahui kondisi dunia pendidikan secara aktual. Dengan adanya PPL ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, perlu diadakan observasi yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Adapun program kegiatan praktik mengajar meliputi penyiapan administrasi guru, materi, media pembelajaran, dan perangkat lainnya yang berhubungan dengan pembelajarna. Perangkat-perangkat tersebut sebelumnya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada guru pembimbing sebelum digunakan dalam praktik pembelajaran di kelas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada kondisi yang sesungguhnya. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Lokasi pratikan melaksanakan PPL adalah di SMK Negeri 1 Depok Sleman yang beramatkan di Jl. Ringroad Utara, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta Telp. 0274-885663 Secara umum, pelaksanaan program KKN-PPL berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Meskipun demikian, ada beberapa program yang mengalami perubahan dalam hal waktu dan sasaran. Untuk program PPL secara umum dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan yang cukup berarti. Banyak manfaat yang telah didapat dengan adanya pelaksanaan praktik pengajaran lapangan yang telah dilakukan. Progam-program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK Negeri 1 Depok Sleman, agar PPL di masa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa sebagai praktikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jun 2016 05:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35412

Actions (login required)

View Item View Item