PELATIHAN LESSON STUDY BAGI GURU-GURU BAHASA PRANCIS SMA/SMK DI DIY, JATENG, JABAR, DAN KALTENG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

Rohali, M. Hum PELATIHAN LESSON STUDY BAGI GURU-GURU BAHASA PRANCIS SMA/SMK DI DIY, JATENG, JABAR, DAN KALTENG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU. INOTEK.

[img] Text
ARTIKEL_-_PELATIHAN_LESSON_STUDY_BAGI_GURU.doc

Download (86kB)

Abstract

Tujuan kegiatan PPM ini meliputi tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya yakni : (1) memberikan pemahaman kepada guru-guru bahasa Prancis terhadap Lesson Study, (2) memberikan pemahaman kepada guru-guru bahasa Prancis terhadap langkah-langkah Lesson Study dalam PBM, (3) memberikan pengalaman kepada guru-guru bahasa Prancis dalam menerapkan LS dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru, (4) memberikan pengalaman kepada siswa belajar bahasa Prancis dengan model LS, dan (5) memberikan masukan kepada sekolah/dinas pendidikan dalam menerapkan LS di sekolah/dinas pendidikan masing-masing. Adapun tujuan khusus kegiatan PPM ini yakni : (1) meningkatkan kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) eningkatkan pengetahuan guru tentang materi ajar, (3) meningkatkan pengetahuan guru tentang PBM, (4) meningkatkan kemampuan guru dalam mengamati aktivitas pembelajaran, (5) menguatkan hubungan kolegalitas, dan (6) meningkatkan motivasi pengajar agar terus mengembangkan kualitas akademik mereka. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah Guru-guru bahasa Prancis di wilayah DIY, Jateng, Jabar, dan Kalimantan Tengah. Jumlah seluruh peserta ada 22 orang guru. Kegiatan PPM ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu (1) tahap pelatihan dan (2) tahap penerapan LS di sekolah. langkah-langkah kegiatan PPM yang dilakukan adalah (1) pemberian penjelasan mengenai berbagai metode pembelajaran Bahasa Prancis, (2) Pemberian penjelasan tentang Lesson Study sebagai suatu langkah dalam membangun pengetahuan dasar pembelajaran,. (3) Kegiatan workshop yakni penyusunan RPP, dan (4) praktek langsung di kelas tempat guru mengajar. Hasil pelaksanaan Kegiatan PPM ini menghasilkan (1) Pemahaman guru-guru bahasa Prancis terhadap Lesson Study meningkat dari sebelum pelatihan LS dan sesudah mereka mengikuti pelatihan, (2) Pemahaman guru terhadap langkah-langkah Lesson Study dalam PBM meningkat lebih baik dibanding sebelum mengikuti pelatihan, (3) Pengaruh penerapan Lesson Study dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru sangat baik karena dapat meningkatkan motivasi mengajar, menjamin transparansi PBM dan pada akhirnya dapat meningkatkan profesionlisme guru, (4) Pengaruh penerapan LS terhadap pembelajaran siswa sangat baik, ini terlihat dari perubahan perilaku mereka yang menurut gurunya selama ini kurang aktif, dengan LS mereka menjadi lebih aktif di kelas.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 01:59
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3541

Actions (login required)

View Item View Item