Erna Sulistiyani, Erna Sulistiyani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN PPL ERNA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mata kuliah Praktek pengalaman lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang mampu memberikan pelajaran yang sebenarnya terjadi di lapangan. Selain itu dengan pelaksanaan PPL mampu memberikan pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas ilmu pengetahuan dan wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang di butuhkan dalam bidangnya, kemandirian, tanggungjawab dan kemampuan memecahkan masalah. Sebelum pelaksanaan praktek pengalaman lapangan penyusun melakukan observasi. Observasi tentang pelaksanaan pembelajaran di kelas. Adapun persiapan program praktek mengajar meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, media pembelajaran, perangkat pembelajaran dan beberapa administrasi mengajar yang lain serta materi pembalajaran. Sedangkan pelaksanaan praktek mengajar meliputi penyampaian materi mengajar. Mengenai persiapan yang dilaksanakan sebelum praktek mengajar sebelumnya sudah dikonsultasikan kepada Guru Pembimbing. Seluruh rancangan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta didik, sehingga akan menghasilkan lulusan yang profesional dan berkompeten tinggi sesuai dengan bidang masing-masing. Selain itu, dengan adanya konsultasi diharapkan nantinya semua hasil dari program yang terlaksana dapat diteruskan secara berkesinambungan. Pelaksanaan PPL di SDN Tukangan dilakukan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Setelah melakukan observasi dan mengamati kondisi yang ada, mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan dan pembuatan media, dan praktik mengajar. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 12 kali praktik mengajar terbimbing . Pada dasarnya, seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya, tetapi hambatan tersebut dapat diatasi berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 05:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |