LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Deka Lesthari, Deka Lesthari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL DEKA LESTHARI 12401241015 PKNH FIS UNY.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktek pengalaman lapangan (PPL) /Magang III adalah salah satu mata kuliah yang mampu memberikan pengetahuan life skills, antara lain pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab dan kemampuan memecahkan masalah. Sebelum melaksanakan praktek pengalaman lapangan perlu diadakannya observasi. Observasi yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Adapun program kegiatan praktek mengajar meliputi persiapan media dan perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, dan beberapa administrasi mengajar yang lain serta materi dan media untuk mengajar. Sedangkan proses pembelajaraan meliputi penyampaian materi mengajar. Semua rancangan kegiatan tersebut sebelumnya telah dikonsultasikan kepada Guru Pembimbing. Seluruh rancangan program tersebut bertujuan untuk peningkatan kualitas peserta didik, sehingga akan dihasilkan lulusan yang professional dan memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan adanya program ini diharapkan nantinya semua hasil dari program yang telah terlaksana dapat diteruskan secara berkesinambungan. Secara umum, pelaksanaan program PPL/Magang III berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, program PPL/Magang III baik kegiatan mengajar terbimbing maupun kegiatan non mengajar terlaksana dengan baik. Dalam pelaksanaan PPL/Magang III, ada beberapa program tambahan yang dilaksanakan, yakni, Pendampingan Pembagian Ijazah, pendampingan foto PAF, pendampingan Pameran/Bazar, dan memperingati HAORNAS ke-38 . Untuk program PPL kesemuanya dapat terlaksana dengan baik, tanpa ada hambatan yang cukup berarti. Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan program-progam PPL yang telah dilakukan. Manfaat tersebut antara lain: peserta didik lebih terbiasa dengan penyusunan laporan/pemberian tugas, diskusi, dan presentasi sehingga mereka tidak akan kaget ketika duduk di bangku kuliah. Peserta didik menyadari bahwa ilmu ada di sekitar mereka dan bisa belajar secara kontekstual. Bertambahnya sumber/referensi belajar dengan adanya pengadaan buku dan bahan ajar. Selain itu adanya media pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dan konsentrasi belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL/Magang III, SMK N 1 Depok, PKn.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jun 2016 05:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35403

Actions (login required)

View Item View Item