LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS 01 Agustus – 12 September 2015 SMKN 1 DEPOK

Qory Rifpriyandi, Qory Rifpriyandi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS 01 Agustus – 12 September 2015 SMKN 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 LAPORAN.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai dari tanggal 01 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat memasuki dunia kerja. Lokasi pratikan melaksanakan PPL adalah di SMKN 1 Depok Sleman yang beramatkan di Ring Road Utara Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55282 Telp. (0274) 885663. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh penulis di mulai pada tanggal tanggal 14 Agustus sampai 5 September 2014 di kelas XI Administrasi Perkantoran 2, dan kelas XI Administrasi Perkantoran 2. Di kelas tersebut, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama 6 kali pertemuan, 4 (empat) kali pertemuan untuk memberikan materi, 1 kali pertemuan untuk ulangan harian, dan 1 kali pertemuan untuk remidi dan pengayaan. Dalam kegiatan Pembelajaran penulis perlu melakukan persiapan diantaranya penyusunan RPP, handout, media pembelajaran, administrasi guru, soal ujian, remidi, pengayaan, dan analisis butir soal. Selain program mengajar, tim PPL juga aktif mengikuti kegiatan sekolah seperti lomba dan upacara 17 agustus, hari ulang tahun kota Yogyakarta, dan peringatan hari olahraga nasional. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan pihak SMKN 1 Depok, supaya PPL di masa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35399

Actions (login required)

View Item View Item