Rizky Agoeng Inaya, Rizky Agoeng Inaya (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1- COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
2- HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
3- KATA PENGANTAR.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
4- DAFTAR ISI BELUM JADI.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
5- DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
6- ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
7- BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
8- BAB II.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
9- BAB III.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
10- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wadah atau tempat bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajarmengajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta secara langsung di sekolah selama 1 bulan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Selama kegiatan PPL, mahasiswa PPL turun langsung untuk mengajar didalam kelas sebanyak 6x pertemuan sebagai target minimal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sekolah yang dijadikan lokasi PPL adalah SMA Negeri 1 Cangkringan. Di sekolah ini mahasiswa memperoleh kepercayaan untuk mengampu lima (5) kelas, yang semuanya merupakan kelas X dan kelas XI yaitu kelas X C, dan X D juga kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPA 2. Metode diskusi informasi, ceramah bervariasi,dan demonstrasi merupakan metode yang dipilih untuk proses pembelajaran di kelas agar sesuai dengan tuntutan kurikulum, model, serta LKS merupakan media yang digunakan untuk menarik perhatian siswa agar lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kendala yang dialami selama PPL, namun hal tersebut bukanlah penghalang yang besar bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan PPL ini. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa PPL dapat memperoleh bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang berbagai hal dan kegiatan yang terkait dengan dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kerja keras, keikhlasan dan disiplin merupakan kunci suksesnya pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya, dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon tenaga pendidik yang professional dan berkualitas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Dan diharapkan kerjasama dan koordinasi antar pihak sekolah, universitas, dan mahasiwa dapat berjalan dengan lebih baik lag
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 02:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |