PENGGUNAAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN BERINVESTASI SAHAM ( Studi pada Saham Indeks Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia )

Sekarwati, Herarum (2016) PENGGUNAAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN BERINVESTASI SAHAM ( Studi pada Saham Indeks Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia ). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
HerarumSekarwati_12808144026.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: (1) Agar investor dapat mengetahui saham mana yang memberikan return yang optimal sesuai dengan risiko yang berani ditanggung oleh investor, (2) Agar investor dapat mengetahui saham mana yang termasuk Efisien dan Tidak Efisien untuk menghindari adanya kesalahan investasi, (3) Agar investor dapat memahami Metode Capital Asset Pricing Model untuk membantu para investor menentukan keputusan investasi yang terbaik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria : (1) Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang tergolong ke dalam Indeks Kompas 100 (2) Perusahaan yang sahamnya konsisten masuk dalam Indeks Kompas 100 Periode Februari 2011- Agustus 2015 (tidak keluar masuk dalam Indeks Kompas 100) (3) Data yang tersedia lengkap periode Februari 2011- Agustus 2015. Periode penelitian yang digunakan adalah dari periode Februari 2011- Agustus 2015. Kriteria pemilihan saham dalam penelitian ini adalah memilih saham efisien dimana return individu >expected return (Ri>ERi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang negatif, atau tidak searah antara risiko sistematis beta dengan tingkat keuntungan yang diharapkan. (2) Terdapat 25 saham yang termasuk saham Efisien yaitu AKRA, ASRI, BBCA, BBNI, BBRI, BHIT, BIPI, BMRI, BMTR, BSDE, CPIN, CTRA, DILD, GGRM, INTP, JSMR, KIJA, KLBF, LPKR, MNCN, PNLF, PTPP, SMGR, SMRA, dan UNVR. Saham-saham tersebut memiliki nilai Ri > ERi, Keputusan investasi yang harus dilakukan investor adalah membeli saham efisien. Kata kunci: Metode CAPM, beta, Indeks Kompas 100, Saham Efisien

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode CAPM, beta, Indeks Kompas 100, Saham Efisien
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 28 Jun 2016 06:56
Last Modified: 30 Jan 2019 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35377

Actions (login required)

View Item View Item