Perilaku Konsumtif Pada Produk Replika (Counterfeit Product) Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

OKTAVIARI, VINGGI (2016) Perilaku Konsumtif Pada Produk Replika (Counterfeit Product) Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241013.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perilaku konsumtif terhadap produk replika sebagai gaya hidup mahasiswa UNY, meliputi bentuk perilaku konsumtif pada produk replika, alasan yang melatarbelatarbelakangi perilaku berlebih dalam berkonsumsi produk replika yang berdampak pada lahirnya gaya hidup konsumtif. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta dan dibatasi di kampus UNY yang menjadi tempat lahirnya sarjana pendidik. Kajian tentang perilaku konsumtif pada produk replika di UNY ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain menggunakan teknik purposive sampling, peneliti juga menggunakan teknik snowball sampling untuk memilih informan berdasarkan rekomendasi dari informan sebelumnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Validitas dan reliabilitas data pada penelitian ini diperkuat dengan triangulasi data. Proses analisis data menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman yang melalui empat tahap penyusunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku yang ditunjukkan mahasiswa dalam berkonsumsi adalah sadar dan mengetahui tentang produk replika yang dibelinya. Alasan mahasiswa lebih memilih konsumtif pada produk replika karena adanya apresiasi dan penghargaan dalam berpenampilan dari mahasiswa lain. Brand masih menjadi tolok ukur dalam berpenampilan sehingga bagi seorang mahasiswa yang memiliki uang terbatas lebih memilih produk replika dengan brand sama walau kualitas sangat berbeda. Mayoritas informan menyampaikan faktor yang berperan dominan dalam melakukan konsumsi ialah teman sebaya dimana pergaulan saat ini menuntut mahasiswa untuk selalu bisa mengikuti trend yang tengah berkembang melalui interaksi dengan teman sebaya. Dengan mengikuti arus fashion dan trend yang berkembang, seorang mahasiswa dianggap mampu meningkatkan citra diri yang menjadi identitas bagi dirinya dimana hal ini akan berdampak pada tingkat kepercayaan diri dan mampu merefleksikan status sosialnya. Intensitas dalam membeli suatu produk replika yang awalnya hanya sebatas mengikuti trend semakin lama menjadi bagian wajib dalam berkonsumsi sehingga melahirkan gaya hidup konsumtif. Konsumsi produk replika bukan lagi sebagai keinginan yang tidak harus diutamakan namun telah menjadi kebutuhan. Kata kunci: konsumtif , replika, gaya hidup, mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:49
Last Modified: 30 Jan 2019 09:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35375

Actions (login required)

View Item View Item