LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

FIKA NUR HASANAH, FIKA NUR HASANAH (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fika Nur Hasanah.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan matakuliah yang mengembangkan kompetensi mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengajar. Para mahasiswa langsung praktik mengajar di suatu sekolah yang telah ditentukan masingmasing. PPL bertujuan untuk mengabdikan sebagian kompetensi mahasiswa untuk membantu lebih memberdayakan masyarakat sekolah demi tercapainya keluaran sekolah yang lebih berkualitas, dan melatih kemampuan profesionalisme mengajar mahasiswa secara konkret. PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cangkringan yang berlokasi di Jl. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman. Pelaksanaan PPL diawali dengan observasi terkait kondisi fisik dan non fisik sekolah. Berdasarkan hasil observasi didapatkan hasil yang dapat mendukung dalam pembuatan strategi pembelajaran yang tepat. Program yang dilaksanakan meliputi program kokurikuler dan non kokulikuler. Program kokulikuler seperti mengajar menjadi program yang paling penting karena sejatinya tujuan dari PPL adalah mengembangkan kompetensi mengajar. Program mengajar telah terlaksana sebanyak tujuh kali pada dua kelas dengan menggunakan empat RPP. Proses pembelajaran telah berbasis IT dan juga telah dilaksanakan praktikum menggunakan alat seperti mikroskop. Disamping itu beberapa program lain diluar kegiatan belajar mengajar juga ikut menjadi kegiatan yang dilaksanalakan selama PPL seperti piket harin, upacara bendera, kerja bakti dll. Program yang telah dirancang telah berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari siswa serta para guru dan karyawan. Pelaksanaan kegiatan PPL sangatlah bermanfaat, khususnya bagi mahasiswa karena telah diberi kesempatan untuk dapat merasakan suasana mengajar di sekolah sebelum akhirnya benar-benar terjun ke dunia pekerjaan. Selain pengalaman mengajar, banyak pengalaman lain yang memperkaya pengetahuan mahasiswa akan pengelolaan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mengajar, Program, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35368

Actions (login required)

View Item View Item