Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here dalam Pembelajaran PKn terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Godean

Septianingrum, Dinda (2016) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here dalam Pembelajaran PKn terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Godean. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401241033.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penerapan metode Everyone is A Teacher Here dalam pembelajaran PKn terhadap keaktifan siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Godean, 2) pengaruh penerapan metode Everyone is A Teacher Here dalam pembelajaran PKn terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Godean. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Godean, Sleman dengan jumlah siswa 127 anak yang terbagi atas 4 (empat) kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling didapat sampel penelitian yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen (32 siswa) dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol (32 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode Everyone is A Teacher Here dalam pembelajaran PKn berpengaruh positif terhadap keaktifan siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Godean. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan nilai thitung pada keaktifan siswa sebesar 6,641 dan ttabel pada df 62 sebesar 2,00 (thitung > ttabel). Selain itu, nilai taraf signifikansi lebih kecil dari 5% yaitu sebesar 0,000 (0,000 ttabel) dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,0000,28. Gain Score kelas eksperimen dalam kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol tergolong rendah. Kata Kunci: pengaruh, metode Everyone is A Teacher Here, keaktifan siswa, dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 09:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35365

Actions (login required)

View Item View Item