LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Hanifah Aabidah Fakhrunnisaa, Hanifah Aabidah Fakhrunnisaa (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ISI.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus 2015 (tahun ajaran baru 2015/2016) di SMA N 1 Cangkringan Sleman yang terletak di Jl Merapi Golf Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan Sleman, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui kondisi lapangan dalam proses pendidikan dan dapat mengembangkan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa sehingga mampu mengaplikasikannya di lapangan/luar kampus, yaitu sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dari program PPL adalah untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL diawali dengan kegiatan observasi yang dilakukan oleh mahasisiwa. Kegiatan observasi meliputi observasi sekolah secara umum dan juga observasi terhadap peserta didik serta terhadap proses pembelajaran di dalam kelas. Mahasiswa PPL juga mencari informasi dari guru mata pelajaran mengenai kondisi dan potensi peserta didik, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk mengkonsultasikan mengenai penyusunan RPP yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah serta peserta didik. Sebelum menyusun RPP mahasisiwa PPL mengkonsultasikan mengenai media yang dapat digunakan dalam pembelajaran serta metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk melakukan praktik mengajar pada 2 kelas, yaitu kelas X A dan kelas X B. Program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa PPL untuk mendukung kegiatan pembelajaran di kelas adalah pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran pembuatan soal evaluasi dan ulangan harian, dan pembuatan progam semester dan program tahunan. Kegiatan praktek mengajar dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 di kelas XA dan XB. Sebanyak 20 kali jam pelajaran dengan 10 kali pertemuan. Materi yang diajarkan adalah mengenai bentuk pangkat dan akar. Selain itu, mahasiswa PPL juga mendapatkan tugas dalam kegiatan praktek persekolahan berupa piket KBM.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, KBM, mahasiswa, RPP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35353

Actions (login required)

View Item View Item