PENGGUNAAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII E SMP NEGERI 1 MAJALENGKA

Hanifah, Erma Nur (2016) PENGGUNAAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII E SMP NEGERI 1 MAJALENGKA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241018.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) upaya meningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka dengan menggunakan metode card sort; dan (2) peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka dengan menggunakan metode card sort. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, perlakuan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi siswa, angket siswa, dan wawancara siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya meningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka dengan menggunakan metode card sort dilakukan melalui beberapa upaya, seperti lebih menegaskan kepada siswa untuk mencari dan menggunakan informasi dari berbagai sumber terlebih dahulu dalam mensortir kartu, memberi peringatan serta sanksi kepada siswa yang tidak ikut berkontribusi untuk mengemukakan pendapat pada kegiatan presentasi, menegaskan kepada siswa untuk mencari dan menggunakan materi dari sumber lain selain buku pegangan dan LKS serta tidak hanya sekedar membaca saat presentasi, menambah waktu presentasi dan menyebutkan nama-nama siswa yang tidak ikut berkontribusi, serta lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat saat evaluasi pembelajaran. (2) Berdasarkan hasil triangulasi data yang diperoleh dari observasi, angket, dan wawancara terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari rata-rata presentase seluruh indikator keaktifan siswa pada siklus I sebesar 65.67% menjadi 77.13% pada siklus II. Peningkatan telah memenuhi kriteria keberhasilan sebesar ≥75%, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Kata kunci: Metode card sort dan Keaktifan siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Jun 2016 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 09:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35337

Actions (login required)

View Item View Item