LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 TEMPEL JALAN MAGELANG KM 17, NGEBONG, MARGOREJO, TEMPEL

Risma Erniyati, Risma Erniyati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 1 TEMPEL JALAN MAGELANG KM 17, NGEBONG, MARGOREJO, TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Risma Erniyati_PBSI_12201241033 .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat khususunya dunia pendidikan/sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sangat bersifat aplikatif yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus agar dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional dan bagus dalam bergaul dengan masyarakat sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan di SMP N 1 Tempel meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik mengajar dikelas mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 Praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di empat kelas VIII yaitu VIIA, VIIIB, VIIIC, dan VIIID. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran di kelas. Kegiatan di luar kelas meliputi, piket guru, upacara, lomba, dan lain-lain Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar sebanyak 27 pertemuan. Selama melaksanakan pembelajaran tentunya ada dukungan dan hambatan, namun semuanya masih bisa dikendalikan. Selain itu, mahasiswa juga selalu dipantau dan dibimbing ketika mengajar serta selalu mengadakan evaluasi setelah selesai melakukan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi Pendidikan Bahasa dan Sstra Indonesia yang dimiliki mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik mengajar, dan mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jun 2016 01:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35327

Actions (login required)

View Item View Item