Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Nilai Karakter Nasionalisme di SMK Negeri Kabupaten Bantul

Rahmawati, Nurul (2016) Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Nilai Karakter Nasionalisme di SMK Negeri Kabupaten Bantul. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401241029.swf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan nilai karakter nasionalisme di SMK Negeri Kabupaten Bantul. Penelitian ini juga mendeskripsikan lebih lanjut mengenai hambatan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan nilai karakter nasionalisme dan upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai karakter nasionalisme. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan strategi fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan peserta didik di SMK Negeri 1 Bantul dan SMK Negeri 1 Sedayu. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data induktif, yang tahapannya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan nilai karakter nasionalisme pada peserta didik di SMK Negeri Kabupaten Bantul dilakukan melalui pembelajaran, pembiasaan, dan kegiatan terprogram. Upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan nilai karakter nasionalisme melalui pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan nilai karakter nasionalisme melalui pembiasaan dibagi menjadi delapan kategori yaitu pembiasaan guna mengembangkan nilai religius, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai demokratis, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai peduli lingkungan dan nilai tanggung jawab. Selain itu, upaya guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan nilai karakter nasionalisme melalui kegiatan terprogram yaitu upacara bendera hari Senin dan hari besar dan ekstrakurikuler (Pramuka, Paskibra, Bela Negara, Tari, Teater dan Karawitan), (2) Hambatan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanamkan nilai karakter nasionalisme di antaranya terdapat pada penilaian afektif, pengaruh dari luar (globalisasi), dan peserta didik, dan (3) upaya yang dilakukan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai karakter nasionalisme adalah menggeneralisasi penilaian afektif, keteladanan, teguran dan sanksi, serta pengembangan pembelajaran inovatif. Kata kunci: upaya, guru PPKn, Nilai Karakter Nasionalisme, Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 24 Jun 2016 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 09:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35319

Actions (login required)

View Item View Item