STUDI KOMPARASI MINAT DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Putri Diah Indriyani, Putri (2016) STUDI KOMPARASI MINAT DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan minat dan prestasi belajar seni tari antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2015-2016. Sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan responden sebanyak 70 siswa yaitu siswa kelas VII yang terdiri dari 35 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Data yang diperoleh dari hasil angket dan nilai tes penampilan yang kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif kuantitatif, dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai probabilitas yang terletak pada kolom signifikan 0,001 < 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test minat belajar seni tari siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yaitu “Terdapat perbedaan positif pada minat belajar seni tari antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP Negeri 6 Yogyakarta” teruji kebenarannya. 2) nilai probabilitas yang terletak pada kolom signifikan 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test prestasi belajar seni tari siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua yaitu “Terdapat perbedaan positif pada prestasi belajar seni tari antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP Negeri 6 Yogyakarta” teruji kebenarannya. 3) nilai rata-rata minat dan prestasi belajar seni tari antara siswa laki-laki dan siswa perempuan terdapat perbedaan, sehingga dapat diketahui minat dan prestasi belajar siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Berdasarkan hasil komparasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga yaitu “ Terdapat komparasi antara minat dengan prestasi belajar seni tari antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP Negeri 6 Yogyakarta” teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: comparison, interests, learning achievement, the art of dance
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 24 Jun 2016 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35316

Actions (login required)

View Item View Item