Gunawan, Gilang Rony (2016) Pengembangan media pembelajaran interaktif IPS berbasis Adobe Flash Cs6 untuk siswa SMPLB/B (Tunarungu)pokok bahasan usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan. S1 thesis, FIS.
Other (Skripsi Digital)
SKRIPSI 12416244015.swf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan media interaktif pembelajaran IPS sesuai dengan kebutuhan siswa tunarungu, dengan pokok bahasan Usaha Manusia Memenuhi Kebutuhan berbasis Adobe Flash Cs 6 2) Untuk mengetahui kelayakan media interaktif pembelajaran IPS ditinjau dari yang layak ditinjau dari penilaian ahli materi, ahli media, dan guru, 3) Untuk mengetahui kelayakan media interaktif pembelajaran IPS ditinjau dari respon ketertarikan dan keterbacaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model penelitian pengembangan dari Thiagarajan. Tahap dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yang disebut 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Data-data yang diperoleh berasal dari validator dan subjek uji coba. Validator terdiri dari ahli materi, ahli media, dan guru IPS, sedangkan subjek uji coba adalah 7 siswa kelas VII SMPLB/B Karnnamanohara Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Dihasilkan media interaktif IPS berbasis Adobe flash CS 6 yang layak sesuai dengan karekteristik siswa tunarungu kelas VII. 2) secara umum media interaktif pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash Cs 6 untuk siswa tunarungu dinyatakan layak, dengan hasil validasi ahli materi, media dan guru IPS menunjukan bahwa media interaktif pembelajaran IPS memiliki kelayakan isi/materi “Sangat Baik” (nilai 28), kelayakan penyajian “Baik” (nilai 66), kelayakan rekayasa perangkat lunak “Baik” (nilai 15), kelayakan komunikasi visual “Baik” (nilai 30), kelayakan pemrograman “Baik” (nilai 32); hasil penilaian guru IPS menunjukan media interaktif pembelajaran IPS memiliki kelayakan “Baik” dengan jumlah skor 124; 3). Respon siswa terhadap hasil uji coba menunjukan media interaktif pembelajaran IPS memiliki rata-rata kelayakan “Baik” dengan jumlah nilai 4,17. Hasil tersebut menunjukan bahwa media interaktif pembelajaran IPS yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas VII SMPLB/B. Kata kunci: Tunarungu, Media, Interaktif, IPS, ADOBE FLASH CS 6
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 01:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35314 |
Actions (login required)
View Item |