Kesiapan Sekolah dalam Penyelenggaraan Proses Pembelajaran Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (Studi Kasus SMK Negeri 3 Palu).

Widuri, Ratna Ambar (2016) Kesiapan Sekolah dalam Penyelenggaraan Proses Pembelajaran Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (Studi Kasus SMK Negeri 3 Palu). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-ambar-widuri-14702259006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesiapan sekolah dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dari aspek kesiapan guru, kesiapan siswa, kesiapan penerapan kurikulum, kesiapan sarana prasarana praktik, kesiapan lingkungan sekolah dan kesiapan sistem administrasi akademik sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Palu. Responden penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala (waka) Sekolah Bagian Kurikulum, Kepala Kompetensi Keahlian TKJ, Kepala Kompetensi Keahlian RPL, 11 guru kejuruan TKI, 102 siswa kejuruan TKI dan tujuh staf tata usaha dan staf waka kurikulum. Seluruh instrumen divalidasi oleh ahli. Sebelum digunakan, angket diujicobakan di SMK N 2 Depok, SMK N 1 Palu, SMK N 2 Palu, SMK N 6 Palu, SMK BK Palu, dan SMK Muhammadiyah 1 Palu. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kesiapan guru dalam penyelenggaraan proses pembelajaran termasuk kategori cukup. (2) Kesiapan penerapan kurikulum dalam penyelenggaraan proses pembelajaran termasuk kategori cukup. (3) Kesiapan siswa dalam proses pembelajaran termasuk kategori cukup (4) Kesiapan sarana prasarana praktik dalam penyelenggaraan proses pembelajaran temasuk kategori baik. (5) Kesiapan lingkungan sekolah dalam penyelenggaraan proses pembelajaran termasuk kategori baik. (6) Kesiapan sistem administrasi akademik dalam penyelenggaraan proses pembelajaran termasuk kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dilihat dari pelaku dalam proses pembelajaran yaitu guru dan siswa, kesiapan sekolah berada pada kondisi cukup siap, sedangkan lingkungan sekolah, sarana prasarana dan sistem akademik yang mendukung pembelajaran telah dikelola dan dilaksanakan dengan baik. Namun, penerapan kurikulum yang dilaksanakan oleh guru cukup terlaksana dengan baik

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesiapan sekolah, prodi TKI, proses pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:39
Last Modified: 05 Sep 2022 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35261

Actions (login required)

View Item View Item