KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

N. Alfiana, N. Alfiana (2015) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan ppl.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan MAN Yogyakarta III terletak di Jalan Magelang Km. 4, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Tujuan yang ingin dicapai dari program PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan, antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi. PPL dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui PPL, kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2015 (tahun ajaran baru 2015/2016). Metode yang digunakan dalam kegiatan PPL ini adalah diskusi dengan pihak-pihak terkait seperti Dosen Pembimbing Lapangan (DPL PPL), guru pembimbing PPL, dan rekan-rekan PPL, serta dengan melakukan pengamatan secara langsung. Dalam hal ini sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di MAN Yogyakarta III. Observasi tersebut meliputi observasi terhadap pembelajaran di dalam kelas, observasi potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, pada kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat tugas untuk mengajar kelas X MIPA 1 dan MIPA 2 secara bergantian. Materi yang disampaikan meliputi Perkembangan model atom, partikel dasar penyusun atom, isotop, isobar dan isoton, Konfigurasi elektron menurut Bohr, Teori mekanika kuantum dan bilangan kuantum, konfigurasi elektron dan hubungan letak unsur dalam Sistem Periodik Unsur, Perkembangan Sistem periodik Unsur.Metode pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang dihadapi oleh pendidik. Adapun program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah: 1) pembuatan RPP; 2) pembuatan media pembelajaran; 3) Pembuatan LKS ; 4) Pembuatan soal-soal evaluasi dan ulangan harian. Selama menjalankan praktik langsung di sekolah, praktikan mendapatkan banyak pelajaran yang akan berguna pada suatu saat nanti ketika terjun di masyarakat pada umumnya dan sekolah pada khususnya, dalam hal ini adalah mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPP, pengembangan media pembelajaran, pendampingan praktikum dan pendampingan bimbingan belajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL ,Observasi, MAN Yogyakarta III.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35220

Actions (login required)

View Item View Item