LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015

Azza Ismu Annisa, Azza Ismu Annisa (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1COVER, HALAMAN PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN, ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3BAB II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4BAB III.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1COVER, HALAMAN PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN, ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Salah satu program yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional adalah program kegiatan kurikuler PPL. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Secara umum, kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan program studinya. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di MAN Yogyakarta III yang beralamat di Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati, Sleman yang dilaksanakan sekitar 1 bulan. Program PPL dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Kegiatan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik pengembangan pembelajaran dan sumber belajar. Pengetahuan mengenai inovasi cara pengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa dan telah menerapkan Kurikulum 2013. Dari pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, mahasiswa akhirnya mampu melihat dan mengalami secara nyata bagaimana berperilaku layaknya seorang pendidik yang profesional. Dari kegiatan PPL juga, mahasiswa akhirnya bisa merencanakan sebuah rencana untuk meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain mampu meningkatkan kualitas pengajaran, mahasiswa juga dapat mengenal berbagai karakter siswa yang diajar sehingga mahasiswa nantinya mampu memberikan variasi pengajaran yang berbeda untuk setiap kelas dengan karakter siswa yang berbeda tentunya. Serangkaian kegiatan PPL UNY 2015 di MAN Yogyakarta III memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL 2015, MAN Yogyakarta III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35215

Actions (login required)

View Item View Item