LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015

Asri Fathianihayati, Asri Fathianihayati (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi MAN YOGYAKARTA III TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
asrif ppl.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan kegiatan kurikuler yang harus dilakukan oleh mahasiswa, sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam perkuliahan. . Tujuan pelaksanaan praktik pengalaman lapangan adalah tujuan praktik pengalaman langsung adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengenal , mempelajari , dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah , klub, atau lembaga pendidikan.Melalui praktik pengalaman lapangan (PPL) diharapkan dapat menghasilkan calon tenaga kependidikan yang memiliki nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya ke dalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan. Praktik pengalaman lapangan (PPL) dilaksanakan di MAN Yogyakarta III yang beralamat di Jl. Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati, Sleman yang dilaksanakan sekitar 1 bulan. Dalam praktik pengalaman lapangan praktikan mendapatkan tugas pokok mengajar di kelas X MIA 4 yang berjumlah 30 peserta didik. Berdasarkan praktik pembelajaran di kelas mahasiswa praktian telah menyampaikan 2 materi dari 3 kompetensi dasar mata pelajaran biologi yang di rangkum dalam 7 kali pertemuan termasuk evaluasi. Pada praktik mengajar mahasiswa memperoleh pengalaman dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan alat evaluasi. Mahasiswa menggunakan multimedia dan multimetode dalam pembelajaran sesuai kebutuhan dan kondisi peserta didik. Berdasarkan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dalam persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi serta dapat memecahkan permasalahan terkait dengan proses pembelajaran. Melalui PPL mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai dalam kegiatan pembelajaran di sokolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: MAN Yogyakarta III ,PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35204

Actions (login required)

View Item View Item