LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INTERNATIONAL MOBILITY PROGRAM DI KOLEJ VOKASIONAL KLUANG Km 3, Jalan Mengkibol, 86000 Kluang, Johor Darul Takzim, Malaysia

Siti Fadhilah, Siti Fadhilah (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INTERNATIONAL MOBILITY PROGRAM DI KOLEJ VOKASIONAL KLUANG Km 3, Jalan Mengkibol, 86000 Kluang, Johor Darul Takzim, Malaysia. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12520241040_Siti Fadhilah.PDF

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional merupakan kegiatan latihan, merencanakan, latihan mengajar, dan mengevaluasi proses pembelajaran teori dan pembelajaran laboratorium bersifat kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa terpilih suatu Program Studi Kependidikan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta. PPL Internasional ini bertujuan untuk memberikan pengalaman mahasiswa FT UNY untuk mengajar teori dan atau prktik pada bidang keahlian yang sesuai dengan program studi mahasiswa, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mengajar mahasiswa FT UNY dalam mengelola pembelajaran vokasi, memberikan wawasan dan konsep pendidikan vokasi di Malaysia, dan mengenalkan budaya dan pendidikan vokasi di Malaysia. Sekolah yang digunakan sebagai tempat PPL Internasional ini adalah Kolej Vokasional Kluang yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 2 September 2015. Wujud pelaksanaan PPL Intenasional ini adalah mengajar di kelas sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL Intenasional ini dilakukan 7 kali pertemuan, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 1 kelas, yaitu Tahun 1 unit Multimedia Kreatif (Animasi). Adapun, mata pelajaran yang diampu adalah Digital Illustration dan Film Language. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain praktik, presentasi, dan penugasan. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain audio, gambar dan berbagai media lain. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL Intenasional, akan tetapi hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Secara umum pelaksanaan PPL Intenasional di Kolej Vokasional Kluang dapat berjalan dengan baik dan lancar, dengan hasil bagi mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar di Malaysia dengan segala perbedaan budayanya yang melatih mahasiswa untuk berdaptasi dengan cepat, memberikan pengalaman bagaimana menghadapi masalah dalam kegiatan belajar mengajar, dan bagaimana menghadapi siswa di dalam kelas. Adanya kerjasama, kerja keras, tanggung jawab, serta kedisiplinan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL Intenasional dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL Intenasional ini diharapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas dan professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Proses Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35193

Actions (login required)

View Item View Item