LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INTERNATIONAL MOBILITY PROGRAM DI KOLEJ VOKASIONAL KLUANG Km 3, Jalan Mengkibol, 86000 Kluang, Johor Darul Takzim, Malaysia

Faizal Guntur Pratama, Faizal Guntur Pratama (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) INTERNATIONAL MOBILITY PROGRAM DI KOLEJ VOKASIONAL KLUANG Km 3, Jalan Mengkibol, 86000 Kluang, Johor Darul Takzim, Malaysia. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12501251019_Faizal Guntur P.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Program PPL Internasional bertujuan untuk: a) pertama, memberikan pengalaman mahasiswa FT UNY untuk mengajar teori dan atau praktik pada bidang keahlian yang sesuai dengan program studi mahasiswa; b) kedua, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mengajar mahasiswa FT UNY dalam mengelola pembelajaran vokasi; c) ketiga, memberikan wawasan dan konsep pendidikan vokasi di Malaysia; d) keempat, mengenalkan budaya dan pendidikan vokasi di Malaysia. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus – 4 September 2015 di Johor Malaysia, dimulai dengan kegiatan bersama FPTV UTHM, pelaksanaan PPL di Kolej Vokasional Kluang dengan kegiatan persiapan PPL berupa pembuatan dokumen administrasi ajar guru yang berisi tentang silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, job sheet, evaluasi dan lembar penilaian. Adapun mata pelajaran yang diampu adalah ETE 202 – Electrical Domestic Installation, ETE 203 – Electrical Industrial Installation 1, ETE 401 – Electrical Power System 2 dan ETE 403 – Electrical Industrial Installation 2. Kegiatan praktik mengajar dilakukan secara team teaching bersama guru pengampu mata pelajaran yang bersangkutan. Selain kegiatan mengajar di kelas, adapun kegiatan lain yang diikuti adalah perhimpunan minggu pagi, hari kokurikulum menyambut hari kemerdekaan Malaysia, hari gotong royong untuk melaksanakan prinsip 5S, hari sukan kejohanan padang dan balapan, pendampingan siswa dalam kegiatan sekolah, dan lain lain. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah mendapatkan pengalaman mengajar yang lebih bagi praktikan untuk mendalami proses belajar mengajar secara langsung dengan suasana pembelajaran yang berbeda dengan suasana pembelajaran sekolah di Indonesia, menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk dapat meningkatkan profesionalisme, serta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang baru mengenai lingkungan, kondisi sosial, budaya masyarakat, serta pendidikan vokasional di Malaysia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL INTERNASIONAL UNY, Kolej Vokasional Kluang, Johor, Malaysia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35189

Actions (login required)

View Item View Item