Muatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta

Rakhman, Deni (2016) Muatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-deni-rakhman-14718259005.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta yang meliputi. (1) Visi dan misi sekolah yang memadukan IMTAQ dan IPTEK dalam mendukung pendidikan karater. (2) Budaya sekolah yang mendukung dalam penanaman karakter. (3) Perencanaan pembelajaran mengacu pada nilai karakter dinas disesuaikan dengan 10 kepribadian muslim. (4) Proses pembelajaran sejarah mengkaji nilai karakter yang dapat dimunculkan. (5) Penilaian pembelajaran sejarah menggunakan pedoman kognitif yang mengacu pada nilai-nilai karakter. (6) Hambatan pembelajaran dalam menyampaian materi pembelajaran Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif pada bulan Januari-April 2016. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, dan angket. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kegiatan transformasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah, wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang strategi pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah, sedangkan kajian dokumen berupa program materi untuk melengkapai hasil observasi dan wawancara, sedangkan angket untuk mengetahui sampai sejauh mana muatan materi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah dapat membentuk karakter siswa. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi data dan menggunakan model interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. (1) SMA IT Abu Bakar Yogyakarta mempunyai visi dan misi menjadi sekolah unggulan dalam keterpaduan IMTAQ dan IPTEK untuk mendukung visi dan misi tersebut adanya nilai-nilai yang ditanamkan di sekolah. (2) Budaya sekolah yang dikembangkan budaya keagamaan, budaya kepemimpinan dan budaya kerja sama dan sosial. (3) Dalam perencanaan pembelajaran sejarah mengacu pada nilai karakter oleh dinas disesuaikan dengan 10 muashaffat atau 10 kepribadian muslim yang dimiliki oleh SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. (3) Dalam proses pembelajaran guru mengkaji setiap materi untuk diketahui nilai-nilai karakter yang dapat dimunculkan dalam meteri tersebut. (4) Penilaian pembelajaran sejarah menggunakan pedoman kognitif yang mengacu pada nilai-nilai karakter. (5) Hambatan pembelajaran sejarah, guru belum memahami keseluruhan terhadap sekolah Islam terpadu

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Muatan pendidikan, Pendidikan karakter, Pembelajaran sejarah
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jun 2016 02:40
Last Modified: 09 May 2019 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35177

Actions (login required)

View Item View Item