Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills Kimia SMA Negeri di Kota Yogyakarta

Kriswantoro, Kriswantoro (2016) Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills Kimia SMA Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kriswantoro-14701251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan instrumen yang memenuhi syarat untuk mengukur kemampuan higher order thinking skills (HOTS) kimia, dan (2) mendapatkan potret kemampuan HOTS kimia peserta didik kelas XI SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Proses dalam penyusunan tes HOTS kimia mengadopsi Model Wilson, Model Oriondo dan Antonio, yakni: (1) perancangan tes, (2) uji coba tes, dan (3) pengukuran tes. Langkah-langkah pada tahap perencanaan tes meliputi (a) penentuan tujuan tes, (b) penentuan kompetensi, (c) penentuan materi, (d) penyusunan kisi-kisi, (e) penulisan item, (f) validasi item, dan (g) perbaikan item. Tahap perencanaan pengembangan meliputi (a) ujicoba tes, (b) analisis butir tes, dan (c) memperbaiki tes. Tahap pelaksanaan pengembangan meliputi, (a) merakit tes, (b) melaksanakan tes, dan (c) menafsirkan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap ujicoba dan tahap pengukuran berdasarkan kriteria INFIT MNSQ, terbukti tes fit dengan PCM. Berdasarkan batas terendah dan tertinggi INFIT MNSQ 0,77 dan 1,3, item sebanyak 30 semuanya fit dengan model. Tingkat kesulitan item antara -0,88 sampai 1,04. Reabilitas tes tahap ujicoba sebesar 0,97. Tes ini akan memberikan informasi maksimum sebesar 20,92 dan memiliki kesalahan pengukuran terkecil sebesar 0,21. Potret kemapuan HOTS kimia peserta didik di SMA negeri Yogyakarta untuk level sangat tinggi sebesar 12%, kemampuan tinggi sebesar 14%, kemampuan sedang sebesar 13%, kemampuan rendah sebesar 29%, dan kemampuan sangat rendah sebesar 32%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan tes, Penilaian, Higher Order Thinking Skills, Kimia, SMA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jun 2016 02:18
Last Modified: 31 Mar 2022 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35167

Actions (login required)

View Item View Item