PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMAN 2 BANTUL TAHUN 2015/2016

Saeful, Muhammad (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMAN 2 BANTUL TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
BAB 1neu revisian.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB 2 neu revisian3 bar ujian.docx

Download (172kB)
[img] Text
bab 5.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA REVISI.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran fisika dengan bentuk video terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantul. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran fisika dengan bentuk video terhadap hasil belajar aspek afektif siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantul materi sifat elastisitas bahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) yang berbentuk pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Bantul. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Bantul kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol tahun pelajaran 2015/2016. Kelas eksperimen menggunakan media video demonstrasi dan kelas kontrol menerapkan pembelajaran demontrasi konvensional. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Untuk mengetahui hasil belajar aspek kognitif siswa menggunakan pretest dan posttest sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa aspek afektif sikap sikap sosial siswa menggunakan lembar angket. Uji validitas dilakukan dengan bivariates correlate dan uji reliabilitas dilakukan dengan reliability analysis. Uji awal terhadap kemampuan awal siswa menggunakan uji-t. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Peningkatan hasil belajar dihitungan dengan nilai gain standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar fisika aspek kognitif yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan media video dan konvensional pada siswakelas X SMAN 2 Bantul. Pembelajaran menggunakan media video meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif siswa lebih baik daripada pembelajaran konvensional. (2) Tidak terdapat perbedaan sikap siswadalam mengikuti pembelajaran yang signifikan pembelajaran yang menggunakan media video dan konvensional pada siswa kelas X SMAN 2 Bantul berdasarkan hasil angket. Kata-kata kunci: media video demonstrasi, hasil belajar aspek kognitif, dan sikap.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Jun 2016 02:08
Last Modified: 01 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35155

Actions (login required)

View Item View Item