LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) 2015 SMP NEGERI 1 SALAM

MUHAMMAD DANU PRABOWO, MUHAMMAD DANU PRABOWO (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) 2015 SMP NEGERI 1 SALAM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Judul.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. lembar pengesahan.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Lampiran.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Isi Laporan.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 1 Salam, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 6 kali pertemuan, namun mahasiswa melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 24 kali dengan 12 kali pertemuan utama pada kelas yang diajar sebanyak 12 kelas, yaitu kelas VIII A – VIII F dan IX A – IX F. Metode yang digunakan dalam pengajaran di lapangan, antara lain observasi, demonstrasi, drill, ceramah, dan komando. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam pengelolaan kelas di lapangan, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti, karena memang perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pencarian jati diri. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasam dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 1 Salam, pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jun 2016 01:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35151

Actions (login required)

View Item View Item