PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Sukmawati, Indah (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Undergraduate Thesis_Indah Sukmawati_12818244028.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk: mengembangkan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman dengan materi kompetensi dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa dari aspek materi, pembelajaran, rekayasa media, dan tampilan; serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa sesudah penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi. Penelitian ini menggunakan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi dinilai kelayakan oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media dan 22 siswa uji coba lapangan kelas X Akuntansi 3 SMK YPKK 2 Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui penilaian angket skala 5. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap membuat Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi yaitu: 1) Analysis, 2) Design (Perancangan), 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,95 yang termasuk dalam kategori Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 5,7 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi berdasarkan analisis Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan diperoleh peningkatan sebesar 7,6% dari 62,5% menjadi 70,1%. Pada uji t berpasangan diperoleh t hitung sebesar -4.688 dengan sig. 0,000 yang menunjukkan pengukuran signifikan sehingga kesimpulannya adalah Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi dapat meningkatkan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi, Monopoli, Motivasi Belajar, ADDIE, SMK, Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 23 Jun 2016 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 09:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35149

Actions (login required)

View Item View Item