LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 MAGELANG

Danti Indri Astuti, Danti Indri Astuti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12803241031_DANTI INDRI ASTUTI_PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan sebuah program dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang ditujukan kepada mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan. Praktik pengalaman lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan masa studi sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Unversitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya pengalaman mengajar diharapkan dapat membentuk mahasiswa calon guru yang profesional dibidangnya. Salah satu lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan PPL pada tahun 2015 ini yaitu di lingkungan sekolah SMK Negeri 2 Magelang. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan adalah meliputi kegiatan mengajar dan nonmengajar. Kegiatan mengajar yang dilaksanakan yaitu praktik mengajar terbimbing di kelas. Sedangkan kegiatan nonmengajar meliputi pendampingan ekstrakurikuler,piket pagi, upacara bendera dan membantu administrasi guru. Kegiatan mengajar di lakukan di kelas X Akuntansi 2 untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan. Pratik mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak 8 kali. Dengan praktik mengajar secara langsung, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata tentang pelaksanaan proses pembelajaran, administrasi guru, ruang lingkup kependidikan dan mampu berkonstribusi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah. Secara keseluruhan, program-program kegiatan PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan-hambatan yang timbul namun masih dapat untuk diatasi. Hambatan tersebut misalnya, minoritas siswa yang sulit untuk dikendalikan, siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, dan waktu PPL yang terlalu singkat. Akan tetapi, praktikan selalu berusaha untuk mengatasi hambatan yang terjadi, sehingga kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Secara umum pelaksanaan PPL berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kependidikan, SMK Negeri 2 Magelang
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2016 08:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35137

Actions (login required)

View Item View Item