LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) NAMA LOKASI : SMK YPKK 2 SLEMAN ALAMAT : JALAN JOGJA-MAGELANG KM. 10, WADAS, TRIDADI, SLEMAN 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Nano Ratno Panca Pamungkas, Nano Ratno Panca Pamungkas (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) NAMA LOKASI : SMK YPKK 2 SLEMAN ALAMAT : JALAN JOGJA-MAGELANG KM. 10, WADAS, TRIDADI, SLEMAN 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER nano.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
laporan .pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terbimbing dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 yang berlokasi di SMK YPKK 2 Sleman yang beramatkan di Jl. Pemuda Wadas Tridadi Sleman, Telp. 868394 Kode Pos 55511 Yogyakarta yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada kondisi di lapangan yang sesungguhnya.. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Pengalaman yang diperoleh praktikan selama pelaksanaan PPL ini meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan dan konseling seperti konseling individual, konseling kelompok, bimbingan klasikal pembuatan media BK serta bimbingan klasikal yang meliputi bidang sosial, pribadi, belajar dan karir. Praktikan juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengelolaan administrasi BK, persiapan pendaftaran organisasi sekolah, pelatihan petugas upacara, persiapan akreditasi dll . Melalui pengalaman-pengalaman tersebut praktikan menjadi mengerti dan dituntut untuk terampil dalam mengerjakan kegiatan administrasi sekolah khususnya BK. Di SMK YPKK 2 Sleman, mahasiswa melakukan bimbingan sebanyak 5 kali yaitu di kelas X Akuntansi 2, X Akuntansi 5, XI Akuntansi 3, XI Akuntansi 4, dan XI Akuntansi 5 . Dari pemberian bimbingan klasikal tersebut praktikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi dan bekerja sama dengan seluruh guru maupun karyawn yang ada di SMK YPKK 2 Sleman. Dalam hal tersebut praktikan belajar untuk menjadi seorang konselor yang profesional. Dalam melaksanakan kegiatan PPL, baik kelompok maupun individu penyusun berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan tugas dan berusaha menjalin kerjasama dengan semua pihak yang terkait demi kelancaran proses PPL tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2016 08:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35134

Actions (login required)

View Item View Item