UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF DENGAN METODE DINAMIKA KELOMPOK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 1 SEYEGAN

Yulkhairi, Setiyawan (2011) UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF DENGAN METODE DINAMIKA KELOMPOK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yulkhairi Setyawan - 08504245011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan prestasi belajar siswa khususnya kelas XI TKR 3 Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Seyegan pada mata pelajaran teori perbaikan motor otomotif pokok bahasan sistem EFI melalui penerapan metode dinamika kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sering dikenal dengan istilah Classroom Action Research (CAR) yang berarti penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang pada proses pembelajarannya menerapkan metode dinamika kelompok yaitu diskusi dan presentasi kelompok. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini ada beberapa tahapan yang dilakukan yaitu identifikasi masalah penelitian, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan observasi dan interpretasi, refleksi serta perencanaan ulang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR3 di SMK N 1 Seyegan pada mata pelajaran teori perbaikan motor otomotif (PMO) pokok bahasan sistem bahan bakar EFI dengan jumlah responden 32 siswa. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode dinamika kelompok pada mata pelajaran teori perbaikan otomotif (PMO) pokok bahasan sistem bahan bakar EFI program keahlian Teknik Kendaran Ringan XI TKR3 di SMK N 1 Seyegan. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan keaktifan siswa dari 56,87 % menjadi 89,37 %. Selain itu hasil belajar mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu pada tes formatif dari 65,31 menjadi 80,16 dan tes sumatif dari 41,34 menjadi 80,28 serta dengan persentase jumlah siswa tuntas belajar dari 56,25 % menjadi 90, 62 % dari 32 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item