LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP N 2 TEMPEL

Novia Nuraini, Novia Nuraini (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP N 2 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14. Novia Nuraini_12301241018.pdf

Download (59MB) | Preview

Abstract

Menempuh program Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta berarti mempersiapkan diri untuk menjadi guru profesional dimasa depan. Perlu adanya praktik nyata dan terbimbing dalam mempersiapkan profesionalitas tersebut. UNY memfasilitasi mahasiswa dengan mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diadakan di beberapa sekolah. Bobot SKS PPL adalah 3 sks yang artinya harus ditempuh minimal 128 jam oleh praktikan. Rangkaian kegiatan PPL dimulai sejak Februari 2015 namun mulai efektif sejak 10 Agustus 2015. Penulis dapat menyelesaikan PPL hingga akhir Oktober 2015 karena perpanjangan/ ekstensi seusai kegiatan diluar. Penulis berkesempatan melaksanakannya di SMP Negeri 2 Tempel yang terletak di Jalan Balangan, Barongan, Banyurejo, Tempel, Sleman, DI Yogyakarta. Bersama dengan 15 praktikan lainnya, penulis dibimbing oleh Ibu Ella Wulandari, M.A. dalam pelaksanaan PPL di sini. Selain itu DPL Prodi adalah Bapak Ali Mahmudi, M.Pd.. Setiap program studi memiliki masing-masing seorang guru pamong. Untuk pendidikan matematika dibimbing oleh Bu Sulbiyah, S. Pd. Selaku guru matematika kelas VIII. Oleh karena itu, penulis mendapatkan kelas praktik di kelas VIII. Pelaksanaan PPL tidak terbatas hanya pada praktik belajar mengajar saja namun ada pula kegiatan-kegiatan lain selain praaktik mengajar. Pelaksanaan praktik belajar mengajar awalnya di 3 kelas yakni kelas VIIIC, VIII D, dan VIII E. Namun setelah ekstensi, dilaksanakan di 5 kelas dari kelas VIII A sampai dengan VIII E. Sekolah masih menggunakan kurikulum 2006 (KTSP). Materi yang diajarkan adalah operasi aljabar dan menguraikan aljabar ke dalam faktorfaktornya. Selain itu materi fungsi pada dimulai dari korespondensi 1-1, rumus fungsi, nilai fungsi, bentuk fungsi hingga menggambar grafik fungsi. Selain itu di kelas tertentu sempat menyinggung materi persamaan garis lurus dan menggambar garis lurus dalam bidang cartesius jika persamaannya diketahui. Metode yang digunaka penulis awalnya merupakan metode kooperatif yang berganti-ganti metode, namun setelah praktik beberapa kali, ternyata metode kooperatif tidak cocok bagi siswa. Metode yang cocok adalah metode berpasangan atau bahkan individual. Pada akhirnya, penulis lebih memilih untuk pendekatan dengan individual worked example dibanding berganti-ganti metode. Meskipun kegiatan PPL penulis berlangsung lebih lama dari pada yang lain, namun pelaksanaannya di sekolah berjalan dengan lancar dan kooperatif. Banyak hambatan yang kemudian dengan diskusi bersama DPL dan guru pamong dapat diselesaikan dengan baik. PPL memberikan penulis banyak sekali pengalaman berharga terkait bagaimana untuk berperan sebagai guru yang tidak biasa-biasa saja.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, PPL 2015, Pendidikan Matematika, Pendidikan, Matematika, Worked Example, SMP Negeri 2 Tempel
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35122

Actions (login required)

View Item View Item