LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III LOKASI SMP NEGERI 2 TEMPEL Alamat: Jalan Balangan, Banyurejo , Tempel Sleman, Yogyakarta

Muhamad Fadchurrohman, Muhamad Fadchurrohman (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III LOKASI SMP NEGERI 2 TEMPEL Alamat: Jalan Balangan, Banyurejo , Tempel Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10 MUHAMAD FADCHURROHMAN_12601241031.pdf

Download (54MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 MUHAMAD FADCHURROHMAN_12601241031.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri berbasis pendidikan yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan/menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 2 Tempel, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 12 September 2015. Selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP N 2 Sleman, praktikan mengajar kelas VII B dan D serta kelas IX B dan D. Materi yang diberikan cukup bervariasi, meliputi permainan bola basket, permaiana bola voli, atletik, senam lantai, kebugaran, dan kesehatan. Penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mampu memberikan kesempatan yang sangat berarti. Selama penyelenggaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa berinteraksi langsung dengan semua komponen yang ada di sekolah secara real. Hasil yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan PPL yaitu mendapatkan pengalaman real berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Selain itu, mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Tempel, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35118

Actions (login required)

View Item View Item