HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KAMPUNG RAMAH ANAK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI BADRAN YOGYAKARTA

Suwandi, Ajeng Ningtias Irianti (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KAMPUNG RAMAH ANAK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI BADRAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ajeng Ningtias Irianti Suwandi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat persentase persepsi terhadap Kampung Ramah Anak pada siswa kelas tinggi di SD Negeri Badran Yogyakarta, 2) mengetahui tingkat persentase motivasi belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Badran Yogyakarta 3) mengetahui hubungan antara persepsi terhadap Kampung Ramah Anak dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Badran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional ex-postfacto. Populasi penelitian ini sebanyak 62 siswa kelas IV, V, dan VI yang bertempat tinggal di lingkungan Kampung Ramah Anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen skala Kampung Ramah Anak dan skala motivasi belajar. Instrumen dikembangkan dengan menggunakan validitas isi oleh ahli dan dilakukan uji coba yang selanjutnya dihitung validitas dan realibilitasnya menggunakan bantuan SPSS versi 22. Hasil uji validitas instrumen skala Kampung Ramah Anak sejumlah 15 butir soal dinyatakan gugur sehingga jumlah butir instrumen adalah 30 butir dengan realibilitas menunjukkan hasil 0,881, sedangkan instrumen skala motivasi belajar dinyatakan valid sebanyak 30 butir dengan realibilitas menunjukkan 0,857. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasional person product momen. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) variabel persepsi terhadap Kampung Ramah Anak menunjukan kategori sedang dengan nilai antara 19,82-25,3 sebesar 68,85 % yang didapat dari 42 siswa dari jumlah populasi sebanyak 62 siswa, 2) variabel motivasi belajar menunjukkan kategori sedang dengan nilai antara 87,94 - 106,72 sebesar 70,49 % yang didapat dari 43 siswa dari jumlah populasi sebanyak 62 siswa, 3) ada hubungan antara persepsi terhadap Kampung Ramah Anak dan motivasi belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri Badran. Hal tersebut didasarkan pada perolehan nilai koefisien korelasi sebesar 0,360 pada proposi signifikansi 0,004 < 0,01 yang membuat Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini diartikan jika persepsi terhadap Kampung Ramah Anak tinggi maka motivasi belajar juga tinggi, berlaku juga sebaliknya saat variabel bernilai rendah. Kata Kunci: persepsi,Kampung Ramah Anak, motivasi belajar, SD Negeri Badran Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 09:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35108

Actions (login required)

View Item View Item