LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Rahma Afdhilla Nasution, Rahma Afdhilla Nasution (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RAHMA AN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu bentuk pembelajaran bagi mahasiswa dengan terjun langsung di Sekolah. Mahasiswa akan belajar bagaimana bersosilaisasi dan berinteraksi dengan masyarakat sekolah serta menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah. Kegiatan PPL dilaksanakan di SD Negeri Sinduadi 1 yang beralamat Jl. Magelang Km. 06 Karanganyar, No. 59 A Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Kegiatan diawali dengan observasi secara langsung dilapangan dan dilanjutkan dengan kegiatan PPL yang meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan pelaksanaan. Berdasarkan kondisi yang ada, maka mahasiswa PPL merencanakan beberapa program/ kegiatan yang dilaksanakan selama PPL. Program/kegiatan PPL individu utama antara lain : (1)konsultasi dengan guru pembimbing dan DPL, (2) pembuatan RPP, (3) mencari bahan ajar, (4) evaluasi. Program PPL kelompok antara lain : (1) mengajar (2) mengukur tinggi badan dan berat badan siswa siswi SD N Sinduadi 1 (3) pendampingan teman sejawat mengajar (4) kerja bakti membersihkan sekolah (5) melatih upacara (6) administrasi absensi siswa-siswa SD N Sinduadi 1 (7) penataan perpustakaan (8) pengecatan garis lapangan/perbaikan lapangan (9) pengadaan sarana penjas (10) senam jumat sehat (11) dokter kecil (12) peringatan HAORNAS dan 17- an. Dari program PPL ini maka praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi mahasiswa PPL untuk mengembangkan diri sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Melihat program pelaksanaan PPL yang mahasiswa lakukan hampir semua rencana kegiatan terlaksana sesuai dengan perencanaan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya kendala yang ahrus dihadapi oleh mahasiswa. Kegiatan PPL ini mempunyai manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan kemampuan mengajar dan menambah wawasan dan siap menjadi pendidik yang mempunyai kompetensi yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SDN Sinduadi 1, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35102

Actions (login required)

View Item View Item