PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMELIHARAAN DAN SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MEKANIK OTOMOTIF DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Yosafat Donny, Yanuar Pramana (2011) PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMELIHARAAN DAN SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MEKANIK OTOMOTIF DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Yosafat Donny Y.P - 07504245012.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang berlangsung di kelas praktik pagi dan siang terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif kompetensi kejuruan pemeliharaan dan servis bahan bakar bensin siswa kelas XI program keahlian mekanik otomotif di SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian mekanik otomotif di SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 89 siswa. Metode pengambilan data menggunakan metode angket dengan skala likert. Validitas instrumen penelitian dihitung menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumennya menggunakan rumus Alpha Chronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perbedaan mean prestasi belajar kelas pagi hari yang memiliki mean sebesar 7,81 dan prestasi belajar kelas siang hari sebesar 7,04, maka mean prestasi belajar kelas pagi hari lebih besar daripada prestasi belajar kelas siang hari, yaitu (7,81>7,04).Hasil perhitungan analisis secara statistik menunjukkan bahwa hasil perhitungan t-hitung prestasi belajar sebesar 6,239 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kemudian nilai t-hitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai t- tabel pada taraf signifikansi 0,05, diperoleh t-tabel 1,658. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel (t-hitung: 6,239 > t-tabel: 1,658), apabila di bandingkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05), maka pembelajarannya berlangsung pada pagi hari secara efektif lebih tinggi dari kelas yang pembelajarannya berlangsung kurang efektif kelas siang terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif kompetensi kejuruan pemeliharaan dan servis bahan bakar bensin siswa kelas XI program keahlian mekanik otomotif di SMK PIRI 1 Yogyakarta tahun 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item View Item