KEMAMPUAN TUTOR DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM PELATIHAN TATA RIAS DI SKB GUNUNGKIDUL

Diah Ayu Apriliani, Ayu (2016) KEMAMPUAN TUTOR DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM PELATIHAN TATA RIAS DI SKB GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Diah Ayu Apriliani_12102241003_opt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Kemampuan tutor dalam memanfaatkan media pembelajaran program pelatihan tata rias di SKB Gunungkidul, (2) Hambatan tutor dalam memanfaatkan media pembelajaran program pelatihan tata rias di SKB Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tutor pelatihan tata rias. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai sumber/ nara sumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kemampuan tutor dalam memanfaatkan media pembelajaran pada saat pelaksanaan sudah dalam tahap terampil. Dalam pelaksanaan pelatihan ada tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pelatihan tata rias meliputi persiapan awal dengan kegiatan yang mencakup mempersiapkan modul sebagai bahan ajar yang akan disampaikan tutor, mempelajari kembali materi yang akan disampaikan dan menyiapkan contoh busana pengantin gaya Yogyakarta dan media sketsa wajah. Dalam pelaksanaan tutor memanfaatkan media yang sudah di persiapkan sebelumnya, dan dalam penyampaian materi tutor menggunakan contoh busana pengantin gaya Yogyakarta dan media sketsa wajah. Tahap selanjutnya yaitu evaluasi, evaluasi berpusat pada tutor karena hanya tutor yang melakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan di setiap pertemuan untuk mengetahui kemampuan warga belajar. Evaluasi secara keseluruhan dilakukan di pertemuan terakhir yaitu ujian merias. Tahap evaluasi secara keseluruhan ini tutor menilai berdasarkan hasil karena apabila hasilnya sudah sesuai maka dalam teknik meriasnya sudah benar dan pemanfaatan medianya sudah tepat. (2) Faktor penghambat dalam memanfaatkan media pembelajaran program pelatihan tata rias di SKB Gunungkidul berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal hambatan yang muncul yaitu adanya sifat apa adanya dalam memanfaatkan media pembelajaran, sedangkan faktor ekstenal yaitu terbatasnya ruangan dan terbatasnya media yang digunakan. Dalam persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut dalam memanfaatkan media pembelajaran tutor menjadi kurang maksimal. Kata kunci : kemampuan tutor, media embelajaran, hambatan penggunaan media

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 22 Jun 2016 05:27
Last Modified: 30 Jan 2019 09:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35088

Actions (login required)

View Item View Item