Humaini, Humaini (2012) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK di Kabupaten Barito Kuala. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-humaini-10709259029.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendapatkan gambaran persepsi siswa tentang kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, lingkungan sosial, sarana dan prasarana belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa SMK di Kabupaten Barito Kuala; (2) Mengetahui besarnya pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, lingkungan sosial, sarana dan prasarana belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK di Kabupaten Barito Kuala; dan (3) Mengetahui adanya hubungan kausal baik langsung maupun tidak langsung antara persepsi siswa tentang kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, lingkungan sosial, sarana dan prasarana belajar, motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK di Kabupaten Barito Kuala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes prestasi belajar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK di Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 876 orang, dengan sampel penelitian dipilih di kelas XI yang berjumlah 259 orang. Validitas isi dilakukan dengan expert judgement. Validitas konstruk dilakukan dengan analisis faktor dan reliabilitas ditentukan dengan rumus Alpha Cronbach. Data di analisis dengan analisis deskriptif, analisis regresi dan analisis jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, lingkungan sosial, motivasi belajar berada pada kategori tinggi, sedangkan sarana dan prasarana belajar dan prestasi belajar berada pada kategori cukup; (2) Berdasarkan koefisien determinasi parsialnya, persepsi siswa tentang kemampuan guru melaksanakan pembelajaran mempunyai sumbangan terbesar terhadap prestasi belajar matematika (9,30%), diikuti sarana dan prasarana belajar (9,12%), lingkungan sosial siswa (6,55%) dan motivasi belajar (4,04%); (3) Persepsi siswa tentang kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, lingkungan sosial siswa, sarana dan prasarana belajar berpengaruh signifikan secara langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika, sedangkan motivasi belajar sebagai variabel antara juga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, prestasi belajar, matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:06 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35085 |
Actions (login required)
View Item |