PENERAPAN MULTIMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS IV MATERI AKSARA JAWA DI SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA

Wahyu Efendi, Andrean (2016) PENERAPAN MULTIMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS IV MATERI AKSARA JAWA DI SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Andrean Wahyu Efendi_09105241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Lempuyangan I pada mata pelajaran Bahasa Jawa dengan pokok bahasan Aksara Jawa dengan menggunakan media Flash. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian siswa kelas IV A SD Negeri Lempuyangan I berjumlah 33 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket skala likert. Data penelitian yang diperoleh bersifat kuantitatif berupa hasil angket. Data kuantitatif tersebut kemudian ditafsirkan menjadi data yang bersifat kualitatif. Validitas instrumen diproses melalui judgement expert dari dosen ahli. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai apabila 80% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai kriteria minimal baik. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar Bahasa Jawa pokok bahasan aksara Jawa mengalami peningkatan. Peningkatan rata-rata presentase motivasi belajar bahasa jawa siswa dibuktikan dengan penelitian pratindakan yaitu 60,6% meningkat menjadi 78,8% pada saat penelitian sikuls I. Hasil tersebut masih belum mencapai kriteria baik yang telah ditentukan. Setelah diadakan siklus II motivasi belajar siswa terhadap Bahasa Jawa pokok bahasan aksara jawa meningkat menjadi 93,4%. Dapat disimpulkan bahwa belajar dengan menggunakan multimedia flash, dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa jawa pokok bahasan aksara jawa kelas IV SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 09:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35082

Actions (login required)

View Item View Item