PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIKAJAR PURBALINGGA

Nur Anis, Pambajeng (2016) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIKAJAR PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Pambajeng Nur Anis_10105244031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 1 Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kalikajar, Purbalingga sebanyak 36 siswa. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus pertama terdiri atas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 1 Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Hasil penelitian diketahui bahwa pada prasiklus siswa sebanyak 16 siswa (44,44%) dinyatakan tuntas dan 20 siswa (55,56%) dinyatakan tidak tuntas, pada siklus I sebanyak 31 siswa (86,11%) dinyatakan tuntas dan sebanyak 5 siswa (13,89%) dinyatakan tidak tuntas, dan pada siklus II sebanyak 36 siswa (100,00%) dinyatakan tuntas. Peningkatan nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus I memiliki nilai mean sebesar 69,17; peningkatan nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 74,58; peningkatan nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 79,03. Sedangkan, pada pra siklus, siklus I, dan siklus II tidak ada selisih yang berarti karena tidak ada minus pada rata-rata. Hasil selisih sebesar 10,83 diperoleh dari pengurangan nilai rata-rata siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35077

Actions (login required)

View Item View Item